Algoritma = Persoalan (Problem)
Artinya sesuatu yang harus di selesaikan (dipecahkan)
Secara garis besar Algoritma adalah urutan langkah-langkah untuk
menyelesaikan suatu persoalan.
Dikutip dari sumber lainnya:
• Algoritma adalah deretan langkah-langkah komputasi yang
mentransformasikan data masukan menjadi luaran [COR90]
• Algoritma adalah deretean instruksi yang jelas untuk memecahkan persoalan,
yaitu untuk memperoleh luaran yang diinginkan dari suatu masukan dalam
jumlah waktu yang terbatas.
Contoh-contoh persoalan
Dalam kehidupan sehari-hari:
• Diberikan setumpuk kartu. Urutkan kartu-kartu tersebut supaya tersusun
menaik berdasarkan nomornya sedemikian sehingga nomor kecil di atas dan
nomor besar di bawah.
• Diberikan sebuah tabel berisi peserta ujian yang lulus seleksi. Apakah ada
peserta ujian dengan nomor X di dalam daftar tersebut.
• Diberikan sebuah senarai (list) yang berisi daftar kota-kota di dunia dengan
temperatur udaranya saat ini. Tentukan kota dengan temperatur tertinggi.
• Diketahui sebidang tanah berbentuk persegi panjang dengan panjang dan
lebar tertentu (dalam satuan meter). Hitunglah luas tanah tersebut.
Dalam komputasi:
• [Persoalan pengurutan] Diberikan sebuah senarai (list) S yang berisi n buah
nilai. Urutkan S sehingga tersusun dalam urutan menaik!
• [Persoalan pencarian] Diberikan sebuah senarai (list) S yang berisi n buah
nilai. Apakah sebuah nilai x terdapat di dalam S.
• [Persoalan mencari nilai terbesar] Diberikan sebuah senarai (list) S yang berisi
n buah nilai. Carilah nilai terbesar di dalam S!
• [Persoalan menghitung luas persegi panjang] Diberika sebuah persegi panjang
dengan panjang a dan lebar b. (keduanya dalam satuan meter). Hitunglah luas
persegi panjang tersebut.
Sejarah algoritma
• Algoritma berasal dari nama ilmuwan persia Al-Khawarizmi
• Merupakan pengarang buku al-jabr wal-muqabala
Sejarah algoritma
• Kata algoritma pertama kali disandingkan pada kalimat “Algoritma
Euclidean”
• Euclidean adalah matematikawan Yunani yang lahir pada tahun 350M
Karakteristik algoritma
Lima ciri penting suatu algoritma:
1. Algoritma harus berhenti setelah mengerjakan sejumlah langkah
terbatas
2. Setiap langkah harus didefinisikan dengan jelas dan tidak boleh
berarti ganda
3. Algoritma memiliki nol atau lebih masukkan (input)
4. Algoritma mempunyai nol atau lebih keluaran (output)
5. Idealnya, algoritma haruslah efektif.
Program dan pemrograman
• Algoritma baru efektif jika dilaksanakan oleh pemroses (processor)
• Pemroses bisa manusia, komputer, robot, mesin, dsb..
• Caranya, pemroses membaca setiap langkah instruksi di dalam
algoritma lalu mengerjakannya.
• Agar algoritma dapat dilaksanakan maka pemroses haruslah:
1. Mengerti setiap langkah dalam algoritma
2. Mengerjakan operasi ang bersesuaian dengan langkah tersebut
Program dan pemrograman
• Komputer adalah mesin yang menjalankan instruksi-instruksi di dalam
algoritma.
• Algoritma tersebut “dimasukkan” ke dalam komputer, komputer
membaca langkah-langkah instruksi di dalam algoritma, lalu
mengerjakan operasi yang bersesuaian dengan instruksi tersebut.
• Agar komputer mengerti instruksi yang dibacanya, maka instruksi
tersebut tentu harus ditulis dalam bahasa yang dipahami komputer.
• Jadi, algoritma harus ditulis dalam bahasa khusus yang disebut
bahasa komputer
Program dan pemrograman
• Algoritma yang ditulis dalam bahasa komputer dinamakan program
• Bahasa komputer yang digunakan untuk menulis program dinamakan
bahasa pemrograman (programming language)
• Orang yang menulis program komputer dinamakan pemrogram
(programmer)
• Dan kegiatan mulai dari mendesain hingga menulis program
dinamakan pemrograman (programming)
• Teks program dalam suatu bahasa pemrograman sering dinamakan
kode program (source code), sehingga menulis kode program sering
disebut juga coding.
Program dan pemrograman
• Belajar pemrograman tidak sama dengan belajar bahasa
pemrograman
• Contoh program yang mungkin pernah Anda gunakan:
• MS. Word, MS. Excel, dsb…
Program dan pemrograman
• Contoh kode program (source code) dalam bahasa pemrograman C
untuk menentukan sebuah bilangan genap / ganjil
Materi yang aku pelajari di kampus, semoga bermanfaat yah :)
Kamis, 06 Oktober 2016
Algoritma
Unknown
Author & Editor
Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.
04.42
Algoritma Dasar
Langganan:
Posting Komentar (Atom)


0 komentar:
Posting Komentar